Tips Membuat Cimol Anti Meledak

 

Hai, selamat datang di blogku!

Kemarin saya dan keponakan praktik membuat cimol, setelah sekian lama merencanakan tapi baru kesampaian kemarin sore. Ternyata membuat cimol itu gampang-gampang susah. Kalau gak tau tipsnya bisa-bisa cimol yang digoreng meledak. Iya, mbledus, kalau orang Jawa bilang. Kebayang, itu minyak panas pasti muncrat ke mana-mana. 

Saya pernah melihat video di sosial media, orang menggoreng cimol pakai helm dan mantel. Menonton video itu saya ngakak, seseram itukah menggoreng cimol? tapi pas mengalami sendiri, saya spot jantung, asli kaget bukan main. Spontan matiin kompor. Keponakan saya langsung ngacir duluan, trus ngakak bareng.

Tips Bikin Cimol Anti Meledak

Gak cuma pedekate aja yang ada tipsnya, bikin cimol pun ada triknya tersendiri biar gak meledak. Yuk, kita praktik bikin cimol.

Bahan:

  1. Tepung tapioka/ kanji
  2. bawang putih, haluskan
  3. lada bubuk
  4. garam
  5. penyedap rasa
  6. air panas
  7. bon cabe/bumbu perasa (optional)

Cara Membuat:

  1. Masak air hingga mendidih. Tips pertama, dalam membuat adonan wajib pakai air panas.
  2. Campur bawang putih, lada, garam, penyedap rasa dan tepung ke dalam wadah
  3. Tuang air panas sedikit demi sedikit, lalu aduk dengan centong/sendok. Di langkah ini, kalian mesti tuang air sedikit dulu, ya, kalau kebanyakan adonan bakal gagal dan jadi kayak lem kanji. Seperti percobaan pertama saya.

  4. Setelah hangat, aduk adonan dengan tangan hingga kalis dan tidak lengket di tangan (saya lupa ambil foto)
  5. Bentuk adonan menjadi bola-bola kecil, gak perlu besar-besar karena pas digoreng akan mengembang
  6. Tips selanjutnya, saat menggoreng minyak gak perlu dipanaskan dulu. Tuang minyak ke dalam kuali, masukkan cimol baru nyalakan api kompor dengan kecil. Aduk pelan-pelan supaya gak ambyar.
  7. Setelah agak keras perbesar api sedikit, goreng hingga matang.
  8. Angkat lalu tiriskan. Beri bumbu perasa, bon cabe, jika suka. Tanpa bumbu pun sebenarnya sudah enak kok. Gurih dan kenyal-kenyal gimanaaa gitu.
Sekian dulu resep cimol anti meledak. Apakah kalian pernah membuat cimol di rumah? Jika belum, selamat mencoba.

Warning: Jangan sekali-kali memencet cimol yang lagi digoreng. Keponakan saya dengan iseng memencet cimol yang lagi digoreng pakai spatula, dan duaaar!! Cimolnya meledak, kwkwkwkw.


Posting Komentar

1 Komentar

  1. MaasyaAllah Terima kasih resep nya....
    Sangat bermanfaat.
    Nggk tahan buatnya di waktu luang....

    BalasHapus