FILOSOFI IKAN HIU DALAM KEHIDUPAN

Hai, selamat datang di blogku!

Hari ini saya menemukan sebuah komik yang menarik dari akun instagram @komikanu. Filosofi ikan hiu dan kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Dari komik saya menyadari saru hal yang sering saya lupakan. Mari kita mulai dengan membaca setiap gambar.

Ikan hiu dalam komik di atas diibaratkan seperti keberadaan masalah dalam kehidupan kita sehari-hari. Adanya permasalahan justru memaksa kita agar bergerak dari zona nyaman yang melenakan. Mau tidak mau, rela tidak rela. Karena diam berarti kematian, sama seperti ikan salmon di dalam kotak es tanpa ikan hiu. Terlalu lama di zona nyaman membuat kita tak menyadari bahwa diri kita telah “mati”.

Tantangan hidup sejatinya menempa kita menjadi manusia yang lebih kuat dan dewasa. Disadari atau tidak, adanya masalah mendorong diri kita  untuk berpikir kreatif dalam mencari solusi. Potensi yang lama terpendam akan muncul ke permukaan. Insting manusia bisa berkerja optimal saat ia terjepit. Dengan demikian kita akan bisa berkembang.

Tuhan memberikan ikan hiu yang berbeda ukuran pada setiap orang. Ikan hiu di kotak es saya berbeda dengan ikan hiu di kotak es kamu. Tapi, tujuannya sama, agar kita senantiasa bergerak dan tak berdiam diri. 
Terkadang, saking besarnya ikan hiu itu kita sampai menyerah. Padahal, serupa dengan nelayan, Tuhan memilihkan ikan hiu yang sesuai dengan ukuran kadar kekuatan manusia. Jadi, seberat apapun masalahnya, teruslah bergerak karena itu tanda kalau kita hidup.

Kalau menurut kamu, apa pesan dari komik di atas? Yuk tulis di kolom komentar.

Posting Komentar

0 Komentar