DANGAL

Hai, selmat datang di blogku!

Kali ini aku mau review salah satu film inspiratif India yang kece abis. Dangal judulnya. Dibintangi oleh Aamir Khan, Fatima Sana Shaikh dan Sanya Malhotra.


Dangal diangkat berdasarkan kisah nyata pegulat asal India. Mahavir Phogat, seorang mantan pegulat nasional India yang bercita-cita memenangkan medali emas untuk negaranya. 

Sayangnya, cabang olah raga ini kekurangan dukungan dari pemerintahan. Pun begitu dengan orang tua Mahavir yang menganggap gulat tak menjanjikan masa depan. Mahavir pun terhenti dan banting setir menjadi seorang karyawan biasa.

Namun, keinginannya untuk mempersembahkan medali emas untuk negaranya tak pudar. Mahavir berencana akan mewujudkan mimpinya lewat anak-anaknya kelak. Sayangnya, takdir berkata lain, keempat anaknya bejenis kelamin perempuan meski ia telah berusaha keras untuk mendapatkan anak lelaki. Sampai di sini, Mahavir menyerah. Impiannya pupus sudah. Ia menanggalkan semua medali terpajang yang ia raih semasa muda dulu. 

Suatu hari kedua putrinya Geeta dan Babita menghajar anak lelaki tetangga hingga babak belur. Bukan marah, Mahavir justru senang. Ia menyadari ada bakat gulat mengalir di darah Geeta dan Babita. Dan ada secrcah harapan untuk meraih cita-citanya. Kedua gadis remaja itu pun dilatih bergulat layaknya anak laki-laki.


Tidak sedikit yang mencibir, menertawakan dan menganggap gila tindakan Mahavir. Terlebih budaya patriarki saat itu sangat kental. Status sosial perempuan masih dinilai lebih rendah darpada laki-laki. Perempuan tugasnya di dapur, mengurus rumah, melahirkan dan membesarkan anak. Tradisi mereka, setamat sekolah, anak perempuan akan segera dinikahkan. 

Mahavir berbeda. Ia bertekad akan membuat putrinya menjadi pegulat Internasional. Cemoohan juga ejekan-ejekan dari lingkungan tempat tinggalnya tak mematahkan semangat Mahavir. Seakan kupingnya tuli.

Jalan menjadi atlet Internasional tidaklah mulus. Banyak sekali rintangan yang harus dihadapi Mahavir juga kedua putrinya. Salah satunya tak adanya dukungan dana dari pemerintah setempat. 

Film yang dibintangi Aamir Khan ini membuat kita terkesima. Terlebih akting Aamir Khan yang sudah tak diragukan lagi. Perannya menjadi ayah yang penuh perjuangan membuat kita haru. Transformasi sosok Aamir Khan juga menakjubkan. Dalam Dangal, Aamir Khan tampil dengan tubuh gemuk dan beruban layaknya seorang ayah.

Dangal mengajarkan kita tentang kedisiplinan, kerja keras, ulet dan pantang menyerah. Karena seorang juara tidak tumbuh melainkan karena kerja keras. 

Apakah kamu tertarik untuk menonton film Dangal?

Posting Komentar

0 Komentar