Belajar Pernikahan Bersama @rabbitholeid

Jodoh, nikah, pernikahan, merupakan topik yang selalu menartik untuk dibahas. Terutama para jomblo yang sedang jungkir balik demi menemukan pasangan hatinya. Gak jarang pula para jomlo ini merasa histeris sekaligus merana saat melihat berbagai postingan goals couple di instagram. Perasaan ngebet nikah pun makin menjadi-jadi. Namun, di balik indahnya insta story tersebut jarang sekali mereka menampakkan sisi "gelap" dari sebuah pernikahan.

Saya pun begitu. Rasanya ingin segera menikah saat melihat postingan ke-uwu-an indahnya pernikahan. Saya lupa bahwa menikah tak sesederhana itu. Banyak sekali yang harus dipersiapkan, baik mental, fisik maupun finansial, yang bisa jadi sebenarnya saya belum mampu. Isi otak saya, pokoknya nikah aja dulu, enak gak enaknya dipikirin nanti.

Pelan-pelan, kesalah pengetian soal pernikahan dalam mindset saya terbuka melalui postingan instagram akun @rabbithole. @rabbithole menguak sisi lain sebuah pernikahan. Tak hanya indahnya saja, lengkap dengan berbagai badai rumah tangga. Apa dan bagiamana seharusnya kita menyikapi ikatan suci itu.

Pentingnya Menikah Secara Sadar


Postingan pertama yang melekat di hati saya adalah "Kenapa perlu Menikah secara Sadar?" Sepuluh slide ini menjelaskan kita harus menyadari bahwa akan selalu ada rintangan yang menghamipiri dalam bahtera rumah tangga. Kita harus sadar bahwa menikah adalah sebuah paket yang berisi suka maupun duka.

Jika kita menikah secara sadar, maka kita akan bisa melihat pernikahan sebagai kesempatan kita untuk bertumbuh menjadi lebih baik. Saat pasangan sedang mengesalkan, kita bisa melihat itu sebagai kesempatan untuk mengasah kemampuan kita berkomunikasi dengannya.

Berbeda jika kita memasuki gerbang pernikahan ketika belum benar-benar siap, kita akan melihat perbedaan pasangan sebagai hal yang ribet dan menyusahkan. 

Jika kita menikah secara sadar maka kehamilan akan bisa dilihat sebagai kesempatan untuk bertumbuh menjadi individu yang lebih sabar, menikmati proses dan saling berkerjasama.

namun, jika pernikahan dimasuki saat belum benar-benar siap, kehamilan menjadi salah satu sumber konflik dan saling menyalahkan satu sama lain akan berbagai perubahan besar ini.

Dan masih banyak postingan self reminder yang membuka mata kita tentang bagaimana sebenarnya hiruk pikuk rumah tangga. Saya menyukai akun ini karena tidak terkesan menggurui dan bahasanya ringan dan bersahabat. Selain itu, terdapat gambar-gambar lucu di setiap postingan.

Tak hanya pandangan perihal pernikahan, @rabbitholeid juga memosting ilmu-ilmu parenting yang bermanfaat bagi ibu-ibu muda. Tentang bagaimana orang tua dalam mendidik buah hati di era milenial.

Kamu bisa mengapgrade wawasanmu dengan memfollow akun @rabbitholeid. Saya tidak promosi, hanya ingin berbagi. Mungkin bisa bermanfaat bagi pembaca. Apakah kamu tahu akun bermanfaat lain? Yuk share di kolom komentar.





Posting Komentar

0 Komentar